Mirza Mahendra Resmi Jabat Inspektur Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM

Pardosi
Mirza Mahendra Resmi Jabat Inspektur Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM
Inspektur Migas ESDM, Mirza Mahendra

OFFSHORE Indonesia - DR. Mirza Mahendra, S.T.; M.T., adalah nama lengkap pria yang baru saja diberikan kepercayaan memangku jabatan sebagai Inspektur IV pada Inspektorat Jenderal, Kementerian ESDM. Mirza, demikian ia disapa, dilantik bersamaan dengan Anggota BPH Migas pada Senin (9/8/2021).

Diketahui, Mirza dalam pengabdiannya sebagai ASN telah menempati sederet pos penting di lingkungan Ditjen Migas. Pria kelahiran Jakarta, 3 Februari 1981 ini antara lain pernah menjabat sebagai Kasubdit Keselamatan Hulu Migas serta Kasubdit Keselamatan Hilir Migas.

Selama ini Mirza dikenal sebagai sosok yang konsisten mengubah budaya keselamatan (safety) di sektor migas menjadi sebuah budaya. Pria alumnus Teknik Mesin Universitas Trisakti ini mengemukakan, salah satu tugas berat dalam membangun budaya safety adalah meyakinkan setiap orang tentang pentingnya keselamatan dalam menjalankan tugas sehari-hari. Padahal, semua orang pada prinsipnya menginginkan adanya keselamatan selama bekerja. 

“Aktualnya akan terlihat perbedaan, bahkan terkadang keselamatan hanya dinilai sebagai slogan, atau sekadar mengikuti aturan sehingga sering dilanggar atau tidak dipedulikan. Inilah yang banyak menjadi pemicu kecelakaan,” ungkap Mirza dalam keterangannya.

Mirza yang jebolan master dan doktor dari UI ini menambahkan, guna membangun budaya keselamatan, diperlukan peran serta setiap unsur, seperti pekerja, perusahaan, pemerintah dan masyarakat sekitarnya.