Pipa Gas Cirebon-Semarang Picu Penggunaan Jargas Kian Masif

doci
Pipa Gas Cirebon-Semarang Picu Penggunaan Jargas Kian Masif
Groundbreaking Pipa Gas Cirebon-Semarang

OFFSHORE Indonesia - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengklaim pembangunan pipa gas ruas transmisi Cirebon - Semarang tidak hanya potensial untuk memenuhi kebutuhan gas industri. Namun juga berpotensi memenuhi potensi Jaringan Gas Rumah Tangga (Jargas) di sekitar pipa transmisi.

Itu sebabnya, Kepala BPH Migas,Fansurullah Asa mengaku telah mengusulkan kepada Menteri ESDM berdasarkan usulan dari Badan Usaha untuk memasukkan Wilayah Jaringan Distribusi Gas Bumi (WJD) yaitu Kabupaten Semarang, Kendal, Batang, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Brebes, dan Cirebon untuk masuk kedalam Rencana Induk Jaringan Transmisi dan Distribusi Gas Bumi Nasional (RIJTDGBN)

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), di sepanjang ruas transmisi ini terdapat 2.632.668 Rumah Tangga yang potensial menjadi konsumen Jargas yang harganya sesuai dengan amanat Undang-Undang ditetapkan oleh BPH Migas.

"Jargas ke pengguna kecil (kebutuhannya) tapi dampaknya luar biasa, kalau pipa bisa jadi maka selain kawasan industri, tapi ke masyarakat untuk Jargas," ungkap Fansurullah dalam acara groundbreaking pipa gas ruas transmisi Cirebon-Semarang di Rest Area Tol KM 379A , Ruas Tol Semarang - Batang, Jumat, (7/02/2020).

Ia menerangkan harga jual gas untuk konsumen Rumah Tangga (RT) 1 dan Pelanggan Kecil (PK) 1 dan konsumen RT-2 dan PK-2 akan lebih murah dari harga pasar gas LPG 3 Kg dan 12 Kg. "Insyaallah bisa pakai Jargas nggak pakai LPG 3 Kg maupun12 Kg. Ini penting masalah keadilan, harga gas ditetapkan BPH," imbuhnya.

Pipa transmisi Cirebon-Semarang ini masuk ke dalam proyek strategis nasional (PSN). Menghubungkan pipa sepanjang Jawa (trans jawa) dari Banten hingga Jawa Timur dengan Panjang ±1.538 km.

Keberadaan pipa ini juga untuk mendukung terintegrasinya pipa Trans Sumatera dan Trans Jawa sepanjang total diperkirakan mencapai 3.574 km dengan ruas yang belum di lelang adalah dari KEK Sei Mangke - Dumai dan memanfaatkan pipa dedicated hilir di Muara Bekasi - Tegalgede sepanjang 37 km sebagai pipa open access (3rd part access). 

#bph   #migas   #pipa   #cirebon   #semarang